Tentang PKBL


Sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara, PPA merupakan salah satu pelaku ekonomi nasional di samping usaha swasta dan koperasi yang mengemban misi pemerintah dalam mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan serta terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja, kesempatan berusaha dan pemberdayaan masyarakat.

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (“PKBL”) meliputi Program Kemitraan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar dapat tangguh dan mandiri di tengah sengitnya persaingan pasar global serta Program Bina Lingkungan untuk pemberdayaan kondisi sosial masyarakat,  sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No. : PER-05/MBU/2007 tanggal 27 April 2007 yang telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara No : PER-09/MBU/07/2015 pada tanggal 3 Juli 2015.

Dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, kami berkomitmen untuk berperan serta dalam mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Selain itu, kami menyadari bahwa untuk menunjang kelangsungan usaha, perhatian kepada masyarakat khususnya dalam lingkungan sekitar usaha begitu krusial, baik itu dalam konteks sosial maupun ekonomi.

Oleh karena itu, kami memandang pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibiliy (CSR) bukan hanya sekedar upaya untuk memenuhi regulasi. Pelaksanaan CSR merupakan bukti komitmen kami sebagai Badan Usaha Milik Negara untuk berperan serta dalam pembangunan nasional.

Program Kemitraan

Program kemitraan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Tujuan yang ingin dicapai dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan dan manajerial serta memberikan bantuan pemodalan, pe ningkatan kemampuan produksi, pemasaran dan lainnya sehingga usaha kecil  tersebut dapat berkembang menjadi usaha menengah dan besar.

Sasaran dari program kemitraan adalah usaha kecil dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 500.000.000, - (lima ratus juta rupiah) yang tidak termasuk dengan tanah dan bangunan tempat usaha, atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 2.500.000.000,- (dua miliar lima ratus juta rupiah);
  • Milik Warga Negara Indonesia;
  • Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar;
  • Berbentuk usaha orang perseorangan, badan usaha yang tidak berbadan hukum atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk usaha mikro dan koperasi;
  • Mempunyai potensi dan prospek usaha untuk dikembangkan;
  • Telah melakukan kegiatan usaha minimal 1 (satu) tahun;
  • Belum memenuhi persyaratan perbankan (non bankable).

Dana Program Kemitraan yang kami berikan terdiri dalam dua bentuk, yaitu pinjaman untuk pembiayaan modal kerja dan/atau pembelian aset tetap dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan serta pinjaman tambahan untuk membiayai kebutuhan yang bersifat jangka pendek dalam rangka memenuhi pesanan dari rekanan usaha mitra binaan.

Jumlah pinjaman maksimal untuk setiap mitra binaan dari Program Kemitraan PPA adalah Rp 75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah).

Program Bina Lingkungan

Program Bina Lingkungan bertujuan sebagai pemberdayaan kondisi sosial masyarakat yang ada di dalam ruang lingkup wilayah usaha PPA melalui pemanfaatan dana dari laba perusahaan. Sasaran pembinaa n dari program ini adalah program pemberdayaan masyarakat yang meliputi bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan dan atau pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan prasarana dan sarana umum, sarana ibadah serta bantuan sosial dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Dana Program Bina Lingkungan akan disalurkan dalam bentuk:

  1. Bantuan korban bencana alam;
  2. Bantuan pendidikan dan/atau pelatihan;
  3. Bantuan peningkatan kesehatan;
  4. Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum;
  5. Bantuan sarana ibadah;
  6. Bantuan pelestarian alam;
  7. Bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan;
  8. Bantuan pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran, promosi dan bentuk bantuan lain yang terkait dengan upaya peningkatan kapasitas Mitra Binaan Program Kemitraan.
Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.