PT PPA


Batik Sulawesi


Sebelum batik seperti yang sekarang dikenal ada, yaitu teknik menghias dengan menahan warna atau celup rintang memakai lilin malam, di Indonesia sudah dikenal batik dengan teknik lebih sederhana. Salah satu cikal bakal batik dapat ditelusuri dari Kain Sarita dari Tanah Toraja di Sulawesi Selatan yang memakai bubur ketan dan lilin lebah sebagai perintang warna.

Kain Sarita dari Toraja, Sulawesi Selatan, memakai teknik menahan warna selain memakai bubur ketan juga menggunakan bahan dari lilin lebah. Sarita pertama kali dikerjakan di daerah pegunungan yang terisolasi sehingga ada dugaan, Indonesia memiliki cikal bakal batik dari dalam wilayahnya sendiri.

Menurut TT Soerjanto, kurator pada Museum Batik Kuno Danar Hadi (Solo) dan juga mantan Kepala Balai Pengembangan Batik di Yogyakarta bahwa produk kain yang mengalami proses celup rintang ini dikenal sejak abad V di Tanah Toraja. Batik dalam bentuk yang lebih primitif justru sudah dimiliki oleh orang Toraja (Tana Toraja, Sulawesi Selatan).


Batik merupakan identitas budaya bangsa yang penting untuk terus dilestarikan. Batik juga merupakan potensi ekonomi yang potensial untuk diberdayakan. Begitu pula batik di Sulawesi Utara yang masih potensial untuk dikembangkan. Karena masyarakatnya yang sangat dinamis, terbuka dan bahkan sangat menghargai nilai estetika di bidang sandang. Apalagi sudah ada pioneer batik seperti batik Bentenan dan batik Pinabetengan, semua kita hargai untuk memperkaya khasanah perbatikan di Sulawesi Utara. Diharapkan masyarakat Sulawesi Utara untuk mengembangkan potensi batik karena batik tidak sekadar untuk mengangkat nilai dan tradisi kebudayaan bangsa, tapi juga batik bisa memberikan nilai ekonomis sehingga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakatnya.

Batik Bentenan

 Batik Bentenan

 

BATIK MANADO

Kain batik Manado merupakan  karya terbaru Kota Manado terutama karya di bidang kebudayaan. Pada umumnya corak yang ditampilkan melalui batik ini menunjukkan jati diri Kota Manado. 3 corak terkenal yang sering ditampilkan pada batik Manado yaitu:

  1. Corak motif lilin sebagai simbol kota Manado dan rumah-rumah ibadah. Merupakan simbol kehidupan masyarakat yang rukun dalam keberagaman. 
  2. Corak motif coral reef dan sea shell menggambarkan kekayaan sumberdaya alam, terutama lagi potensi bahari di pesisir dan laut Manado yang terkenal dengan keragaman hayati yang tinggi, serta motif coelacanth sebagai ikon kota Manado.
  3. Corak batik Manado terdapat garis zig-zag yang berarti kehidupan masyarakatnya yang semangat dan dinamis. Selain itu, garis zig-zag juga mengilustrasikan Manado sebagai kota pantai. Juga ditambah dengan bentuk geometri persegi yang memberi arti keteraturan, logis, dan aman bagi warga dan kehidupan di Kota.

Berikut ini adalah beberapa contoh corak batik Manado :

sumber : http://sulutpromo.com/en/komoditi/manado-terus-promosikan-batik-manado-/

 

BATIK MALUKU

Maluku termasuk salah satu kepulauan yang ada di Indonesia bagian timur. Kepulauan Maluku adalah sekelompok pulau yang terletak di lempeng Australia. Sebelah barat berbatasan dengan Pulau Sulawesi, bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini, sebelah selatan berbatasan dengan Pulau Timor, dan sebelah timur laut berbatasan dengan Palau. Maluku sangat terkenal dengan hasil rempah-rempahnya.

Batik Maluku memiliki ciri khas yaitu bermotif pala, cengkih, parang, dan salawaku (senjata khas Maluku) serta jenis alat musik tifa totobuang. Motif Batik Maluku yaitu motif cengkeh gugur, motif khas pulau Seram, alat musik, debur ombak dan budaya Maluku. Warna juga beragam dari warna yang terang, kalem, biru laut, bahkan gelap. Kain yang digunakan juga beragam yaitu kain katun dan sutra.

Tak hanya warga Maluku, namun juga warga luar daerah juga minat terhadap batik ini. Peminat batik ini berasal dari Kalimantan, Papua, Jakarta, bahkan Belanda dan Jepang. Batik Maluku merupakan persembahan warga Maluku untuk menghadirkan ragam motif khusus yang digali dari adat budaya lama negeri-negeri di Tanah Maluku. Batik ini dirancang dengan memadukan etnik tradisional dan teknik desain modern untuk tampilan yang lebih elegan dan kontemporer, namun tetap dikerjakan secara tradisional.

Pengrajin Batik Maluku selalu melakukan upaya agar batik khas Maluku ini bisa dikenal dan diterima oleh semua masyarakat. Upayanya yaitu melakukan pendekatan ke pemerintah daerah, selain itu juga mengikuti pameran tingkat nasional di Jakarta serta menggelar pameran di Ambon. Pemerintah daerah dapat membantu pihaknya dan pengusaha batik untuk mensosialisasikan Batik Maluku kepada PNS maupun para tamu yang berkunjung di daerah ini. Beberapa instansi di pemerintah provinsi, Pemkot Ambon dan kabupaten juga telah menggunakan batik bunga cengkih pada hari Kamis dan Jumat. Perhatian pemerintah untuk menjadikan hari Kamis dan Jumat berpakaian batik dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha serta melestarikan budaya daerah melalui batik.

  

BATIK TORAJA

Maka wajar bila perjalanan dalam rentang waktu yang cukup panjang, 15 abad, telah menjadikan batik sebagai satu wahana ungkapan dunia pikir atau kosmologi yang pernah hidup di suatu masyarakat. Lebih dari sekadar wahana ungkapan estetik belaka. Melalui batik, masyarakat mengungkapkan dunia pikir yang hidup pada zamannya yaitu meliputi kepercayaan, mitos, konsepsi penciptaan kehidupan, jagat raya, harmoni hidup, etika, adat istiadat, dan seterusnya.

Sedangkan di Sulawesi Tengah rata-rata mendatangkan bahan baku tekstil batik dari Jawa, namun pembuatan motifnya dilakukan oleh masyarakat pengrajin batik di Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu dan motifnya sesuai dengan ciri khas motif lokal Palu. Motif yang digunakan batik-batik di Sulawesi Tengah kebanyakan menggambarkan motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili ataupun motif bunga dan buah cengkeh.

   

 

Sumber:

Sumber: http://www.majalahjalanjalan.com

Sumber: http://batikmaluku.blogspot.com

Sumber: http://www.antarasulteng.com

Sumber: http://www.griyawisata.com

Sumber: http://elangsendiri.blogspot.com

Sumber: http://ivanyanuarsatia2013.wordpress.com

Sumber: http://ronawiska.blogspot.com

Sumber: http://ronawiska.blogspot.com



Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.