PT PPA


Senjata Tradisional Sumatera


Aceh

Pusaka Rencong

Rencong digunakan lambang kebiasaan Aceh serta budaya Aceh pada acara kebiasaan perkawinan yang digunakan oleh pengantin laki-laki atau jadi cindera mata ditoko-toko kerajinan tangan.

Sumatera Utara

Piso Gaja Dompak

Nama piso gaja dompak diambil dari kata piso yang berarti pisau yang berfungsi untuk memotong atau menusuk, dan bentuknya runcing dan tajam. Bernama gaja dompak karena  berarti ukiran berpenampang gajah pada tangkai senjata tersebut.

Sumatera Barat

Karih

Bentuknya seperti keris tapi tidak berlekuk. Karih biasanya dipakai oleh kaum laki-laki dan diletakkan di sebelah depan pinggang, saat sekarang penggunaannya hanya dipakai bagi mempelai pria sebagai pelengkap pakaian adat pria.

Riau

Pedang Jenawai

Pedang jenawi inilah yang dipakai oleh para mujahid Melayu di Riau sewaktu agresi menentang Belanda dalam kurun waktu 1947-1949. Daerah pertempuran yang cukup dahsyat antara lain adalah Cerenti dan Kuala Indragiri, di mana Pak Boyak (abang budayawan Riau Idrus Tintin) gugur sebagai syuhada.

Jambi

Keris Siginjai

Pamor keris ini semakin ke ujung semakin kabur. Pada lekuk pertama hingga keempat pamor itu tampak jelas, namun pada lekuk kelima sampai ke mata keris, pamornya sudah tidak jelas lagi. Keris Siginjai memiliki dua buah ganja, yang salah satunya melengkung ke arah mata keris. Sedangkan pada sisi terlebar pangkal bilah keris terdapat bentukan yang menjorok keluar dan memiliki 6 buah tonjolan yang ujungnya runcing, mirip dengan senjata penjepit pada binatang kalajengking. Tonjolan yang terbesar disebut belalai gajah atau keluk kacang.

Sumatera Selatan

Tombak Trisula

Walaupun senjata tombak trisula ini juga dipergunakan oleh banyak negara, akan tetapi yang khas dari trisula palembang adalah kedua sisi tombak tersebut dapat dipergunakan sebagai senjata. Satu sisi tombak berbentuk trisula sedangkan sisi lainnya merupakan mata tombak biasa.

Bengkulu

Kuduk

Kuduk adalah sejenis keris yang berlekuk, bermata satu dengan punggung yang agak tebal. Sarungnya memakai centalan dan dipakai untuk membela diri dan berburu.

Lampung

Terapang

Senjata tradisioal Lampung, yang terkenal adalah Terapang. Ulu terapang terbuat dari kayu dengan ukiran kepala orang atau burung sebagai lambing keberanian.

 



Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.