PT PPA


Kerjasama RI-Cabo Verde Potensial Dikembangkan


LONDON – Duta Besar RI untuk Dakar, merangkap Cabo Verde, Mansyur Pangeran, melakukan kunjungan kerja ke Praia, Ibukota Cabo Verde, dalam rangka memenuhi undangan Pemerintah Cabo Verde dalam pertemuan dengan seluruh misi diplomatik yang terakreditasi untuk Republik Cabo Verde.

Sekretaris dua Fungsi Pensosbud KBRI Dakar, Diman Prihadi, mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Cabo Verde dengan negara-negara sahabat, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, maritim, pariwisata dan investasi.

Dialog dibuka oleh Menteri Luar Negeri Cabo Verde, Luis Filipe Tavares, yang menjelaskan pentingnya peningkatan kerja sama di berbagai bidang antara Cabo Verde dengan seluruh negara perwakilan misi diplomatik yang hadir. Acara dilanjutkan dengan presentasi Perdana Menteri Ulisses Correia E Silva.

Dalam kunjungan kerjanya, Dubes Mansyur melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Cabo Verde, Ulisses Correia E Silva, guna membahas potensi kerja sama yang dapat dijajaki antara kedua negara.

Dikatakannya Indonesia dan Cabo Verde mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjalin kerja sama, terutama di bidang industri kemaritiman, transportasi laut dan udara.

“Kedua negara memiliki kesamaan geografis sebagai negara kepulauan,” ujar Dubes yang mempromosikan produk industri perkapalan PT. PAL dan PT. Dirgantara Indonesia (DI) untuk industri pesawat itu, di London, Senin (10/7/2017).

PM Ulisses, menyambut baik usul kerjasama dan mengharapkan adanya kerja sama di sektor pariwisata dalam bentuk kota kembar antara Pulau Sall dan Pulau Bali yang memiliki kesamaan karakterisktik.

Ulisses menyampaikan undangannya kepada pengusaha Indonesia untuk hadir dalam acara Bisnis Forum dan Pameran Perdagangan Internasional yang diadakan di Praia, Oktober mendatang.

Dubes Mansyur pun menyambut baik undangan dan mengundang pengusaha Cabo Verde untuk datang dalam pameran dagang terbesar di Indonesia “Trade Expo Indonesia 2017”.

Dubes juga mengadakan pertemuan dengan KADIN Cabo Verde, membahas potensi kerja sama di bidang kelautan. Pihak KADIN Cabo Verde menyampaikan kerja sama transportasi laut sangat potensial untuk dilakukan, mengingat saat ini Cabo Verde menjadi pusat usaha angkutan cargo di kawasan Afrika.

Pertemuan dengan KADIN Cabo Verde menghasilkan kesepakatan agar Indonesia mengadakan business forum di Cabo Verde pada September mendatang dan mempresentasikan potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Dubes Mansyur menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Cabo Verde, Jorge Carlos Fonseca, serta salam hangat dari Presiden RI, Joko Widodo. Presiden Jorge Fonseca menyambut hangat serta menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang dengan Pemerintah Indonesia.

Cabo Verde merupakan negara kepulauan dengan jumlah penduduk 538.000 jiwa, mengandalkan devisa negara utama dari sektor pariwisata dan hasil laut. Cabo Verde merdeka dari Portugal pada 5 Juli 1975 secara politik sangat stabil dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik.

Selain itu, Cabo Verde juga sangat terkenal akan keindahan wisata pantainya, sehingga menarik investor asing seperti China untuk membangun pusat bisnis dan perdagangan serta perhotelan di Praia. (Ant)

 

Tanggal: 10 Juli 2017

Sumber:

http://www.cendananews.com/2017/07/kerjasama-ri-cabo-verde-potensial-dikembangkan.html



Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.