PT PPA


Bikin Pesawat R80, Ilham Habibie Bakal Gandeng 2 BUMN


Ardan Adhi Chandra – detikFinance

Jakarta - Dalam pengembangan pesawat R80, PT Regio Aviasi Industri (RAI) akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Rencananya, produsen pesawat yang didirikan mantan Presiden, B.J. Habibie bersama putranya, Ilham Habibie, ini akan menggandeng PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI).

"Kalau PTDI mitra kami, saat ini belum secara tertulis. Tapi ada keinginan kami bermitra dengan PTDI, salah satu mitra strategis tersebut," kata Komisaris RAI, Ilham Habibie di Perpusatakaan Habibie Ainun, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (2/8/2017).

Selain itu, Ilham menambahkan mungkin saja dalam mengembangkan R80, RAI menggandeng BUMN PT Len Industri (Persero). PT Len Industri merupakan BUMN yang khusus memproduksi produk-produk elektronika untuk kebutuhan industri dan prasarana.


"Kalau dalam negeri, jadi bisa saja ada yang bisa buat elektronik itu PT Len misalnya. Saya enggak tahu ada produk siap pakai, kalau belum bisa kembangkan bersama tapi saat ini belum ada pembicaraan," kata Ilham.


Ilham menambahkan, pengembangan pesawat R80 ke depan sangat dimungkinkan untuk melibatkan banyak pihak terkait. Dengan demikian, cita-cita untuk menjadi produsen pesawat yang lebih andal di negeri sendiri bisa terwujud.

"Ini kan snow ball effect. Jadi memberikan pekerjaan ke satu, dua atau bahkan banyak. Karena pasar utama R80 itu di Indonesia bukan di negara lain," ujar Ilham.

(hns/hns)

 

Tanggal: 2 Agustus 2017

Sumber: https://finance.detik.com/industri/3584106/bikin-pesawat-r80-ilham-habibie-bakal-gandeng-2-bumn



Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.