PT PPA


Siaran Pers NO. PR-03/PPA/CS/1117 PT PPA Kembangkan Potensi Kopi dan Sapi Perah di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu


Kepahiang, suatu kabupaten yang terletak di Provinsi Bengkulu dikenal sebagai surga wisata air terjun dan hamparan alam kebun teh yang indah. Di balik keindahan panoramanya, Kepahiang juga menyimpan kekayaan alam lainnya seperti kopi, selain itu Kepahiang terkenal dengan produksi susu sapi.

Sebagai rangkaian program BUMN Hadir Untuk Negeri, PT PPA mengupayakan pengembangan hasil alam di Kepahiang yang selama ini belum diolah secara optimal.

PT PPA bersinergi dengan Institut Pertanian Bogor (“IPB”) menggagas Program Pengembangan Klaster Berbasis Kopi dan Sapi Perah yang melibatkan 200 petani kopi dan peternak sapi perah di Desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Dalam Program Pengembangan Klaster Berbasis Kopi dan Sapi Perah tersebut, PT PPA menggandeng PT Pegadaian (Persero) sebagai penyumbang  mesin pengolah kopi.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan ekonomi lokal berbasis potensi unggulan Kopi dan Sapi Perah di wilayah tersebut, dalam bentuk pemberian pelatihan, pendampingan dan pemberian alat produksi kopi dan susu sapi selama 3 tahun dengan total nilai Rp1.000.000.000,-.

Sinergi antara peternak sapi perah dan petani kopi terjadi dalam proses pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk organik bagi tanaman kopi. Selanjutnya, PT PPA bersama IPB akan mengembangkan program sertifikasi biji kopi organik tersebut.

Pada Kamis, 23 November 2017, bertempat di halaman Masjid Jamik, Program Pengembangan Klaster Berbasis Kopi dan Sapi Perah diresmikan. Pada saat peresmian tersebut, PT PPA bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga memberikan bantuan sebesar Rp150.000.000,- untuk pembangunan Masjid Jamik di Desa Suka Sari.

Dengan program ini, para petani kopi dan peternak sapi perah dapat mengembangkan produknya secara mandiri, dan selanjutnya meningkatkan perekonomian daerah.                                                                         

 

Sekretaris Perusahaan

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

 

Edi Winanto



Copyright PT. PPA © 2018 All Right Reserved.