PT PPA


Konsinyering Pembahasan Rancangan Perjanjian Pokok Optimalisasi Aset Properti Kementerian Keuangan RI dan PT PPA (Persero)


Bogor, Rabu-Kamis, 28-29 Maret 2018, telah dilaksanakan Konsinyering Pembahasan Rancangan Perjanjian Pokok Optimalisasi Aset Properti (“Konsinyering”) Kementerian Keuangan RI (“Kemenkeu”) dan PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) (“PT PPA”).

Konsinyering dihadiri oleh Tenaga Pengkaji Harmonisasi Kebijakan Kemenkeu, Bapak Sudarsono, Kepala Subdirektorat Pengelolaan Kekayaan Negara II Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (”PKNSI”) Kemenkeu, Bapak Soeparjanto, Direktur Investasi PT PPA, Bapak Nasrizal Nazir, tim teknis Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kemenkeu, tim teknis Direktorat Piutang Negara dan Kekayaan Negara Lain-lain (“PNKNL”) Kemenkeu, tim teknis Direktorat PKNSI Kemenkeu dan tim teknis PT PPA.

Agenda Konsinyering terdiri dari Pembukaan, Penjabaran Rencana Optimalisasi Aset, Pembahasan Perjanjian Pokok dan Pembahasan Daftar Aset Kemenkeu. Konsinyering menghasilkan pokok-pokok Perjanjian yang telah disepakati sebagai berikut:

1.Ruang lingkup Perjanjian adalah inventarisasi dan verifikasi aset, penyusunan kajian dan strategi optimalisasi aset, usulan bentuk kerja sama optimalisasi aset.

2.Aset yang akan dikerjasamakan akan menjadi lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian ini. PKNSI dapat menambah dan/atau mengurangi aset dalam lampiran tersebut berdasarkan kesepakatan tertulis antara kedua pihak.

3.Setelah pembuatan strategi optimalisasi aset dan usulan bentuk kerja sama, PT PPA akan meminta persetujuan dari PKNSI untuk melaksanakan strategi tersebut. Pelaksanaan strategi untuk masing-masing aset akan diatur dalam perjanjian tersendiri, dimana:

  • PT PPA mengajukan diri sebagai calon mitra strategis;
  • PKNSI menyerahkan pengelolaan aset kepada PT PPA; atau
  • Bentuk kerja sama lainnya.

4.Tim PKNSI akan dilibatkan dalam pembuatan kajian optimalisasi aset.

Selamat kepada Direktorat Investasi PT PPA, semoga Perjanjian ini dapat membuahkan hasil yang optimal baik untuk PT PPA maupun Kemenkeu.



Copyright PT. PPA © 2018 All Right Reserved.