PT PPA


SIARAN PERS NO. PR-03/PPA/CS/0718 23 JULI 2018


RESTRUKTURISASI DAN/ATAU REVITALISASI PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES (PERSERO) OLEH PT PPA

 

Kondisi Operasional PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) (“PT MNA”) saat ini:

  1. Seluruh pesawat sudah tidak beroperasi, mayoritas unserviceable, dan berusia tua;
  2. Berhenti beroperasi sejak Februari 2014;
  3. Air Operator Certificate  (AOC) dan Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU/NB)  telah dicabut sejak 2015;
  4. PT MNA telah melakukan spin-off pada tahun 2016 dari Divisi Maintenance & Training menjadi PT Merpati Maintenance Facility dan PT Merpati Training Center.

 

Kondisi Keuangan PT MNA saat ini:

  1. Aset: Rp1,21 T;
  2. Kewajiban: Rp10,72 T;
  3. Ekuitas: (Rp9,51 T).

 

Kondisi industri penerbangan saat ini: Berkembang dengan mayoritas maskapai dengan konsep low-cost.

 

Pada 15 Januari 2018, terdapat salah satu Kreditur PT MNA, yaitu PT Parewa Aero Katering mengajukan permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (“PKPU”) kepada PT MNA pada Pengadilan Niaga Surabaya, yang kemudian PT MNA diputus dalam PKPU pada tanggal 6 Februari 2018.

 

Peran PT PPA dalam Proses PKPU PT MNA:

1.    Mendampingi PT MNA dalam proses PKPU;

2.    Berdasarkan rencana bisnis dan hasil negosiasi yang dilakukan antara PT MNA dan calon mitra, PT PPA membantu merancang proposal perdamaian PT MNA yang akan diajukan kepada para kreditur;

3.    PT PPA akan membantu penyusunan perjanjian transaksi atas kesepakatan yang telah diperoleh antara calon mitra dan PT MNA.

 

Status PKPU PT MNA saat ini:

·         Keputusan Rapat kreditur tanggal 16 Juli 2018 di Pengadilan Niaga Surabaya:

o   Perpanjangan PKPU tetap selama 45 hari sejak 20 Juli 2018 sampai dengan 3 September 2018;

o   Manajemen PT MNA harus menyampaikan proposal perdamaian selambatnya pada 20 Agustus 2018;

o   Pembahasan proposal perdamaian akan dilaksanakan antara tanggal 27-31 Agustus 2018, sekaligus pengambilan voting atas proposal perdamaian dari para kreditur.

·         Sidang rapat kreditur tanggal 20 Juli 2018 tentang pengesahan rapat kreditur tanggal 16 Juli 2018 di Pengadilan Niaga Surabaya.

·         Sidang selanjutnya akan dilaksanakan pada 3 September 2018.

 

Tindak lanjut setelah perdamaian disetujui oleh kreditur (termasuk Kementerian Keuangan terkait Sub Loan Agreement) selanjutnya akan diajukan permohonan persetujuan dari DPR terkait perubahan struktur permodalan PT MNA.

 

 

PT PPA

PT PPA merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pengelolaan aset, investasi, dan satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (”BUMN”) yang diberikan amanat untuk melakukan restrukturisasi dan revitalisasi BUMN dari berbagai jenis industri.

 

PT PPA melalui peran strategisnya mendukung Pemerintah dalam meningkatkan kinerja BUMN yang kurang sehat melalui kegiatan restrukturisasi dan/atau revitalisasi BUMN agar dapat tumbuh secara berkesinambungan.

 

PT PPA juga bekerjasama dengan BUMN lain dan Pemerintah Daerah dalam mengelola dan meningkatkan nilai aset BUMN dan Pemerintah Daerah yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan serta melakukan kegiatan investasi dengan risiko yang terukur dan dapat dikendalikan sehingga memberikan imbal hasil yang optimal bagi perusahaan/institusi tersebut.

           

Sekretaris Perusahaan

PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero)

 

Edi Winanto


Copyright PT. PPA © 2018 All Right Reserved.