Warisan Budaya


Indonesia adalah negara kepulauan yang mencakup lebih dari 17.000 pulau yang dihuni lebih dari 255 juta penduduk. Angka ini mengimplikasikan bahwa ada banyak keanekaragaman budaya, etnis maupun agama yang bisa ditemukan. Keindahan seni dan budaya Indonesia dibangun dari ragam etnis, agama dan budaya.  Dari Sabang hingga ke Merauke, itulah Indonesia. Negara dengan ribuan kebudayaan dan keberagaman yang telah memberikan sentuhan warna negeri ini dengan karya-karyanya.

Tak semua negara di belahan dunia seberuntung Indonesia. Indonesia memiliki ribuan kebudayaan yang amat beragam dan nilai yang kuat. Indonesia mampu memberikan sentuhan keindahan seni melalui kebudayaan yang bisa memperkenalkan warna-warni seni baru pada dunia. Kebudayaan Indonesia adalah sesuatu yang tidak akan pernah mati, sehingga mencari pengakuan dan pengapresiasian budaya Indonesia di mata dunia menjadi sebuah misi kebudayaan bagi kita semua.

Sebagai sebuah atribut tak berbenda yang menjadi jati diri masyarakat Indonesia, dibutuhkan upaya-upaya untuk melestarikannya, misalnya dengan perlindungan dan dokumentasi. Warisan Budaya Non Benda dari Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia antara lain adalah Keris, Batik, Tari Saman, Wayang Kulit serta Angklung.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia sendiri?

Sebagai bentuk kecintaan akan warisan budaya Indonesia, PPA merangkum beragam dokumentasi mengenai kain batik, senjata tradisional serta tarian daerah yang memperindah khasanah kesenian negara kita. Karena tanpa seni dan budaya, hanya kehampaan yang terasa.


Link Terkait




Copyright PT. PPA © 2017 All Right Reserved.